Header Ads

Breaking News
recent

SENI DAN MELATIH EKSPRESI KREATIF





Pembelajaran ketrampilan motorik atau “psikomotorik” dapat diperoleh melalui pembelajaran gerak lagu dan seni tari yang merupakan salah satu bagian dari pendidikan seni. 


Pendidikan kesenian merupakan pendidikan ekspresi kreatif yang dapat mengembangkan kepekaan apresiasi estetik yang diharapkan dapat membentuk kepribadian manusia seutuhnya seimbang baik secara lahir maupun batin, jasmani maupun rohani. 


Pembelajaran berkarya seni mengandung dua aspek kompetensi, yaitu: keterampilan dan kreativitas. Kompetensi keterampilan lebih difokuskan pada pengalaman eksplorasi untuk melatih kemampuan sensorik dan motorik, bukan menjadikan mahir atau ahli. karena pada dasarnya anak-anak menyenangi musik dan kegiatan menari. 


 
Kegiatan gerak dan lagu atau menari bersama dapat melatih kecerdasan fisik anak. Hal ini disebabkan karena kedua kegiatan tersebut menuntut adanya keseimbangan, keselarasan koordinasi gerak tubuh, kekuatan dan kelenturan otot ketika bergerak, jadi tidak hanya terpusat pada tangan dan kaki saja yang bergerak, tetapi tubuhpun ikut bergerak. 

    


Kompetensi kreativitas meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang terlihat dari produk atau hasil karya dan proses dalam bersibuk diri secara kreatif . 
  

Pembelajaran apresiasi seni gerak untuk anak usia dini disampaikan tidak hanya sebatas pengetahuan saja, namun melibatkan pengalaman anak dalam proses mengamati, mengalami, menghayati, menikmati dan menghargai secara langsung aktivitas berolah seni. 


Belajar menari termasuk belajar yang mengutamakan ketrampilan motorik, ketrampilan tersebut berupa ketrampilan melakukan gerak-gerak anggota tubuh, karena aspek yang diutamakan pada pembelajaran tari adalah aspek psikomotor. 



Jenis belajar ketrampilan motorik memberikan penekanan terbentuknya kesadaran pada anak untuk bergerak secara spontan, yaitu dalam melakukan gerak tari dituntut untuk berjalan lancar, teratur, luwes dan ekspresif, tanpa ada beban pikiran mengapa dan bagaimana melakukan gerakan tersebut.

LOMBA TARI GIAT KOMSOS KREATIF

KEGIATAN TARI KOLOSAL 17 AGUSTUS 2019 DI LAPANGAN K

Jathilan feat Ganongan

Practices make perfect


Warok SMAN 1 Kendal
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.