Green House Sekolah dan Pelajaran tentang Kemandirian School Food Care SMAN 1 Kendal Ngawi dalam Semangat Adiwiyata
Oleh : Muhammad Ilyas Amrulloh | SMAN 1 Kendal Ngawi | jurnalistik Glorious 1.0
Melalui program School Food Care, sekolah kami menjadikan pangan sebagai media pembelajaran. Program ini hadir sebagai bagian dari upaya membangun kesadaran lingkungan dan kemandirian pangan, sejalan dengan semangat Sekolah Adiwiyata. Green house sekolah tidak hanya menjadi ruang tanam, tetapi juga ruang tumbuh bagi kesadaran siswa.
Nilai Adiwiyata terasa kuat dalam pelaksanaan program ini karena lingkungan dijadikan sebagai bagian dari sistem pembelajaran. Dengan arahan guru, keberadaan tanaman pangan lokal dan empon-empon tidak hanya dipahami sebagai objek tanam, tetapi sebagai sarana mengenal kearifan lokal yang berperan penting dalam ketahanan pangan dan kesehatan masyarakat.
Hasil dari program ini mulai terlihat melalui panen yang dilakukan secara berkala. Namun, makna panen tidak berhenti pada hasil yang diperoleh. Lebih dari itu, kami belajar tentang pengelolaan hasil, perencanaan keberlanjutan, serta potensi pengembangan nilai ekonomi secara sederhana dan bertanggung jawab.
Ke depan, School Food Care akan terus berproses. Green house sekolah dirawat dan dikembangkan sebagai ruang belajar berkelanjutan. Program ini menjadi bagian dari perjalanan sekolah dalam membangun budaya peduli lingkungan yang tidak berhenti pada simbol, tetapi tercermin dalam tindakan nyata.
Dari green house sekolah, kami memahami bahwa kemandirian pangan tidak lahir secara instan. Ia tumbuh melalui proses, kepedulian, dan kesadaran. Inilah pelajaran penting yang kami dapatkan melalui School Food Care sebagai wujud nyata Sekolah Adiwiyata di SMAN 1 Kendal Ngawi.




Tidak ada komentar: